Refma Dewita, S.Pd, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membudidayakan Ikan Menggunakan Media Ember

Membudidayakan Ikan Menggunakan Media Ember

Tinggal diperkotaan tentu berbeda dengan tinggal dipedesaan. Di pedesaan banyak lahan kosong yang akan diolah untuk berkebun dan beternak .Lain halnya tinggal di kota , lahan tidak ada yang akan diolah menjadi kebun seluas yang ada di desa. Rumah saling berdempetan dikota, pagar tinggi penghalang dari samping kesamping rumah tetangga ,menambah perkarangan menjadi sempit. Itu adalah hal biasa kalau kita bisa memanfaatkan perkarangan yang sempit tapi banyak mendatangkan manfaat. Berkebun bukan hanya bisa dengan lahan yang luas, begitu juga beternak bukan hanya lahan yang luas bisa kita melakukannya.Lahan yang sempit pun kita bisa berkebun dengan menggunakan media polibag, barang-barang bekas untuk menanam.sayur dan lain-lain. Begitu juga beternak, lahan yang sempit pun kita bisa beternak ikan misalnya dengan menggunakan media ember dan diatasnya dihiasi dengan sayur kangkung untuk suplai oksigen bagi ikan yang ada didalam ember.Beternak ikan diperkarangan rumah sangat mengasyikkan bagi orang yang suka beternak. Caranya sangat mudah sekali beternak ikan menggunakan media ember dirumah. Yang pertama sediakan media ember yang isi 60 liter dilobangi disekelilingnya untuk membuang air jika ember penuh oleh air hujan .kedua , botol minuman bekas yang sekelilingnya di potong untuk menanam sayur kangkung diatas ember. Ketiga bibit ikan lele,ikan nila dan lain-lain sesuai keinginan kita. Caranya ember yang berisi 60 liter tadi kita isi air didalamnya batas pergelangan ember paling atas, supaya tidak terlalu penuh. Di sekeliling lingkaran ember kita tanaman sayur kangkung dalam botol minuman yang telah dibolongi dibawahnya ,tata letak botol sehingga terlihat rapi,didalam botol diberi tissu untuk memperbanyak akar kangkung sehingga memberikan oksigen untuk ikan yang ada dalam.ember. Bibit ikan kita agakmasukkan kedalam ember sebesar berudu, supaya tidak terlalu besar.Setelah semuanya selesai ember yang berisi ikan dan dihiasi tumbuhan kangkung tadi kita Tarok ditempat agak teduh,supaya terik matahari tidak langsung ke ikan tersebut.Tiga bulan ikan siap untuk dipanen seiring dengan tumbuhan kangkungnya. Kita bersama anggota keluarga bisa menikmati ikan peliharaan kita sendiri dan sayur kangkung nya.Jadi kebutuhan sehari-hari tercukupi dengan adanya budidaya ikan dirumah.Hemat uang belanja ,nikmati apa yang ada. Tapi yang istimewanya kita membudidayakan ikan sendiri dirumah di pandemi Covid 19. Ikan bisa kita komersilkan lewat pasar online. Sangat luar biasa manfaatnya bagi kita dan keluarga tercinta. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.Amin.

Salam Literasi

Tantangan Ke- 18 Gurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeeeennnn... Ide yg sangat bagus. Hemat tempat, multi fungsi. Salam, smg sehat selalu...

07 Jun
Balas

Makasih Bu Dwi, Amin

07 Jun



search

New Post